Rabu, 22 Mei 2019

ORANG MANGGARAI DI BEKASI UTARA - HARAPAN INDAH

ORANG MANGGARAI  DI BEKASI UTARA - HARAPAN INDAH

Orang Manggarai tersebar  di banyak tempat, termasuk di  Harapan Indah. Orang Manggarai di Harapan Indah , Bekasi  Utara  terdiri dari beberapa keluarga.  Keluarga ini perlahan-lahan konsolidasi  pada   Februari 2019. Saat itu  Pa Stanis, Pa Alo Nosol, Pa Rinus Las  bertemu di rumah Kraeng Krist  dalam upacara misa.  Saat itu Ketua  Ikatan Keluarga  Manggarai Bekasi (IKAMASI), Bapak Leksi Hambur  menyentil pentingnya persatuan keluarga Manggarai di Harapan Indah. Maka Pa Stanis dan Pa Aloy Noson  mendukung untuk menindaklanjuti  usulan ini.   Saat itu 5  Februari 2019  mengundang  saya untuk bergabung  dengan  Keluarga Manggarai Harapan Indah. Kraeng Seferinus (Rinus) Las yang mengundang saya . Mungkin Pa Aloy  yang memberi nomor HP /WA  saya kepada  Pa  Rinus. Saya  menyambut gembira ide ini.  Lalu  dilanjutkan diskusi dalam WAG  berupa undangan kepada ase kae Manggarai untuk mengikuti pertemuan awal pembentukan Kelyarga Manggarai Harapan Indah.  Krang Rinus yang  membuat undangan ini. Berikut  undangannya:

Tabe leso sangged ende ema, ase kae, weta one mai Group hoo. Sambung tombo de Bapa Stanis, tegi konfirmasi dite semua latang pertemuan kudut cumang tau lonto leok agu bantang cama:
📆Minggu/10 Feb 19
⏰1600/pkl.4:00 sore
🏡Bapa Stanis  Ampu THB Blok D10/31 /

Tolong isi daftar konfirmasi sbb:
1. Pak Stanis
2. Pak Aloy Noson
3. Rinus
4. Pak Frans Jelata

Dalam  pelaksanaannya  hanya  kami berempat yang  hadir dalam pertemuan.  Inti pertemuannya adalah  sosialisasi  persekutuan ini  kepada    ase kae Mannggarai di Harapan Indah / Bekasi Utara.
Pada Selasa, 12  Februari 2019,  Pa Stanis dan saya  bertamu ke rumah  Pa Stef  Pelor di THB. Pa Stef menyambut baik pembentukan persekutuan ini.
Berikut  postingan saya  saya kesekonannya, Rabu, 13 Februari 2019 di WAG Keluarga Manggarai Harapan Indah:

Selamat  pagi  untuk  ase  kae  Manggarai  Harapan Indah. Semalam  saya dan Pa  Stanis  sudah mendatangi  (lejong / lambu) rumahnya  Pa  Stef Pelor di Blok T, THB.  Pa Stef sekeluarga  mendukung  pembentukan paguyuban Keluaga Manggarai Harapan Indah  (KEMAHI)  ini.  Minta  bantuan  Pa Aloy   untuk mengirim ke Admin KEMAHI  nomor  Pa Stef  ke  Group ini.  Tabe

Berikut  warga Manggarai di Harapan Indah dan  Bekasi Utara:

  1. Bapak Stanis  Ampu,  asal  Lengko Ajang, Lambaleda, Matim / THB Blok D / 31
  2. Bapak Aloysius Noson, asal ...... Loce, Reok, Manggarai/ VMG I Blok E / ......
  3. Bapak Seferinus Las, asal  Rana Mbeling, Mukun, Matim / THB  Blok  H2 / 4
  4. Bapak Stef Pelor, asal Rai, Cancar , Manggarai  / THB  Blok  T /.......
  5. Bapak Krist, asal  Ruteng, Manggarai  ..............
  6. Bapak Hubert  Muda (?) .......asal  Lembor Selatan , Mabar/ THB
  7. Bapak Hubert Nyoman,  asal .....Rahong Utara , Manggarai / THB
  8. Bapak Bone Guntur, asal ...... Cibal, Manggarai,  / .....
  9. Sr. Yuliana Ujud,  CIJ, asal  Lembor, Mabar/ Mutiara Gading City ........
  10. Kasmirus Jostu, asal Pacar, Mabar, / THB (?) ...........
  11. Victory Anggose  (082113138919) 
  12. Bapak Benyamin (Bento) Hadinata, asal  Noa, Kempo, Mabar / Harmoni HI / HZ
  13. Bapak Benyamin (Beny)......, asal  Longgo, Cancar, Ruteng, Mannggarai / MGC......
  14. Fransiskus Jelata, asal Wela, Cancar, Manggarai, VMG I Blok B4 / 8
  15. Jack ......., asal  Tilir, Riwu, Matim, ....
  16. Bapak Valens, asal Teno, Kuwus, Mabar, THB (?) .........
  17. Bapak ............, asal Pora, Tentang, Nodoso, MaBar, / 
  18. Bapak..... (Bapa Avin ?)  asal  Ngusu, Rana Mbeling, Mukun, MaTim / 
  19. Bapak ........  (Bapa Edwin Kevin/), asal ........... / THB  
  20. Bapak .............. asal ................... / Cluster Harmani  No. .......
  21. Bapak Yyyy  Fhjv ( 085780277199), asal........
  22.  Thomas  Hebo,  asal Lao' - Ruteng, Langke  Rembong /  Harapan Baru


Kamis, 11 April 2019, ada berita duka dari Pa Rinus bahwa adiknya meninggal  karena kece;akaan kendaraan di Jl. Raya   Sultang Agung  saat  pergi  kerja. Kondisinya mengenaskan. Langsung  meninggal di tempat. Jenasahnya  dibawa polisi ke RS  Bekasi. Malamnya  Pa Bento dan saya ke Rumah Duka THB. Saya bonceng dengan Pa Bento karena  kaki saya masih sakit, tumpuannya tak kuat. Berikut  info dari Pa  Rinus tentang berita duka ini:


Berita duka.
Telah meninggal dunia adik kandung saya bernama Agustinus Talu pagi tadi jam 0830 pagi.

Jenazah disemayamkan di Rumah duka THB.

Makam ini ada ibadat penghiburan pkl.20

Rencana misa requem besok, kamis 11 April 2019 pkl.0900 pagi.

Langsung pemakaman besok.


Selamat siang ende ema, ase kae, weta Manggarai Harapan Indah.

Kami sekeluarga mengaharapkan kehadirannya dalam Ibadat arwah adik kami Agustinus Talu yang akam dilakanakan pada:

📆Minggu/14 Mar 2019
⏰17:00 (Jam 5 sore )
🏠Seferinus Las THB Blok H2 No. 4

Terimakasih atas kehadirannya.

Tabe🙏
Pada hari ke - 3 (5( ,  ada doa di rumah Pa Rinus untuk almarhum Agustinus Talu. Kami berusaha hadir. Sr. Yulia, CIJ, Pa Beny, Pa Hubert, Jak  dan saya  hadir saat itu. Kami ngobrol setelah doa.

Lalu, pada 19 Mei 2019, peringatan  40  hari nya. Ada ibadat dan doa rosario   di rumah  Pa Rinus. Saya  hadir. Saya  dan Bp Avin (orang Ngusu, Rana Mbeling, Mukun)  dan istri serta  anak-anaknya datang. Ternyata istrinya, Agnes  berasal dari   Lenteng, Pahar, Lelak, Manggarai. Kami ngobrol lalu saya  pulang.  Lalu kami pulang. Saya mencari jalan lain. Instink saya  tepat. Saya menemukan jalan yang bisa  lebih mempersingkat jarak bila saya ke sana  lagi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar