Sabtu, 12 Mei 2018

ARTIKEL BUDAYA MANGGARAI

ARTIKEL BUDAYA MANGGARAI

Fernandes Nato Wellarana
https://www.facebook.com/fernand.nato
. KUKUT WUWUNG
.
Dalam tradisi masyarakat Manggarai, mendokan untuk keselamatan dan keberhasilan bagi orang lain itu adalah sebuah imperatif, perintah tak bersyarat.
.
Ada acara wuat wa'i dan di tempat lain namanya 'Lonto Wa' untuk bersama-sama mendoakan orang lain. Doanya juga harus konkret dalam bentuk materi tertentu, sering kali uang tunai.
.
Inti dari semua kegiatan itu adalah untuk bersama-sama mendoakan seseorang agar orang yang didoakan berhasil dalam karya/studi dan dijauhkan dari berbagai aral dan rintangan.Orangtua, baik itu Bapak atau Ibu, menyerahkan uang KUKUT WUWUNG kepada yang didoakan. Sering juga disebut SENG CAU LIME.
.
WUWUNG sendiri diartikan ubun-ubun dalam bahasa Indonesia. Ubun-ubun secara anatomis terletak paling atas dari tubuh manusia. Kukut WUWUNG sendiri dalam arti tertentu dapat diterjemahkan sebagai memberi berkat bagi orang lain agar berhasil.
.
Ende-ende yang memberikan 'Seng KUKUT WUWUNG' kepada Kraeng tua Benny Harman sesungguhnya sedang memberi doa berkat kepada Kraeng tua BKH agar berhasil dlm perjuangannya menjadi Gubernur NTT.
.
Mereka tentu tidak memberi dari kelimpahan. Mereka memberi dengan ketulusan dari kekurangannya dan tentu yang paling penting adalah mendoakan 'anak bara-wua Tuka tanah Congka Sae, Flores, kudut kapu landuk tanah NTT'.
.
Terima kasih Ende-ende! Semoga doa kalian haeng 'le Mori Mese! Tibas 'le Mori jari sangged condo agu bengkes dite situ.
.
Tabe do.
.
@bkhpeduli @ernawatiharman @harmoni_ntt @relawanmuda_harmoni .
#pilgubntt #bkh #ntt #kainflores #songke #hukum #gubernur #floresisland


Melkhi Judiwan Mantap tu kesa...., uraian makna "kukut wuwung" yg cukup menghipnotis animo politik masyrakat Mnggrai Raya..., hehehe...... tbe....
Manage
LikeShow more reactions
· Reply · 1w
Hermanus
Hermanus kae wuat wa,I kudut ngo nia Ite?
Manage
LikeShow more reactions
· Reply · 1w
Leonardus Dunu
Leonardus Dunu Kukut wuwung kudut ndeng wakar, neka rantang, berdoa memohon berkat Tuhan, dan memberkati anak-anak. Doa orang sederhana didengar Tuhan. Amin.
Manage
LikeShow more reactions
· Reply · 1w
Matek
Matek Hitukin woko atahaeng tae aqu repeng pede itey baeslite istilasitu.
Manage
LikeShow more reactions
· Reply · 1w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar