Sabtu, 19 Oktober 2019

Ahli Genetik Soal Pribumi Indonesia: Tidak Ada dari Suku Tertentu


detikHealth  Berita Detikhealth  Detail Artikel
Sabtu, 19 Okt 2019 16:15 WIB

Ahli Genetik Soal Pribumi Indonesia: Tidak Ada dari Suku Tertentu

Jakarta - Menelusuri asal-usul orang Indonesia memang selalu menarik. Salah satunya tentang sosok pribumi atau yang kerap disebut penduduk asli Indonesia. Apakah orang Indonesia berasal dari suku tertentu?

"Pribumi dalam hal ini mengacu pada suku tertentu yang menjadi asal usul penduduk. Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan 
DNA serta karakter lain pada keturunannya," kata periset genetik Prof Herawati Sudoyo, PhD, dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman pada detikcom.


Kondisi ini menjadikan Indonesia unik berbeda dengan wilayah lain di dunia. Misal Amerika dengan penduduk asli berasal dari suku Indian, atau Australia dengan suku Aborigin.
Leluhur Indonesia berasal dari Afrika, Asia daratan yang turun hingga Filipina, India, Arab, hingga Eropa. Para leluhur bermigrasi, tinggal di Indonesia, dan akhirnya memiliki keturunan.

Tak heran jika manusia Indonesia, hingga saat ini, memiliki rantai DNA yang kompleks. Hal inilah yang menjadi sumber keragaman manusia di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar