Rabu, 22 Juli 2015

Bahasa Manggarai

 Kata Ganti Orang

Bahasa Manggarai:
1. Kata Ganti Orang:

Kata ganti orang  tunggal:
Aku: Kata ganti orang pertama tunggal
Hau: Kata ganti orang kedua tunggal
Hia: Kata ganti orang orang ketiga tunggal

Kata ganti orang  jamak:
Ami: Kata ganti  orang pertama jamak
Meu: Kata ganti orang kedua  jamak
Ise: Kata ganti orang ketiga jamak


Rapang (contoh): Pola Sederhana: Subyek - Predikat - Obyek : S - P - O 

Kata ganti orang  tunggal:
Aku: Aku momang hau (saya mencintai kamu)
Hau:  Hau momang aku (kau mencintai saya)
Hia:  Hia momang aku (dia mencintai saya)

Kata ganti orang  jamak:
Ami: Ami  momang hau (Kami mencintai kamu)
Meu: Meu momang aku (Kamu mmencintai saya)
Ise:  Ise momang   aku  (Mereka mencintai  aku)

Pola / susunan  dalam membuat  kalimat: Subyek - Predikat - Obyek : S - P - O
Pola  komplit/ majemuk: Subyek - Predikat - Obyek - Keterangan  - (S - P - O - K)


Aku: Aku momang hau  tedeng leng (saya mencintai kamu selamanya)
Hau:  Hau momang aku  tedeng leng (kau mencintai saya selamanya)
Hia:  Hia momang aku  tedeng leng (dia mencintai saya selamanya)

Kata ganti orang  jamak:
Ami: Ami  momang hau  tedeng len (Kami mencintai kamu  selamanya)
Meu: Meu momang aku  tedeng len (Kamu mmencintai saya  selamanya)
Ise:  Ise momang   aku  tedeng len (Mereka mencintai   selamanya)

JPS, 23 Juli 2015







Tidak ada komentar:

Posting Komentar