Kamis, 07 November 2019

TUMBUHAN ADAT DI MANGGARAI


TUMBUHAN ADAT DI MANGGARAI


  1. .Kalo = dadap.  Kalo  simbol  beo / tana. Simbol ata  ata rona (?). Kuni (rahim ) - kalo
  2.  Nao = Andong.  Nao biasa ditanam  sebgai batas tanah anatar warga.
  3.  Raping = Enau
  4. Rii = Alang-alang
  5. Berong =bambu
  6. Bila = Berenuk  = Maja (Aegles  Marmelos =      (https://www.youtube.com/watch?v=VO419ZRR9qM)







1. Bunga Andong


Diperkirakan tanaman ini berasal dari Asia Timur. Memiliki nama ilmiah Cordyline Frusticosa (Linn) A. cheval tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan, taman atau pemakaman. Tanaman ini juga kerap dijadikan sebagai tanaman pagar. Di daerah-daerah Indonesia Andong sering disebut dengan nama-nama Bak-Juang, Bobolo, Senjuwang di Sulawesi, Hanjuang, Kayu Urip di Jawa, dan Andong Tawaung di Nusatenggara.

Manfaat tanaman andong banyak sekali, antara lain sebagai penyejuk darah, menghentikan pendarahan dan menghancurkan darah beku pada saat terjadi memar. Hal ini dapat dilakukan oleh tanaman andong karena di dalam tanaman andong terdapat kandungan kimia, seperti saponin, tanin, flavonoid, polifenol, stereoida, polisakarida, kalsium oksalat dan zat besi.

Kebanyakan bagian yang dimanfaatkan dari tanaman andong adalah bagian bunga, daun dan akar rimpangnya. Berbagai khasiat bisa diambil dari tanaman ini, yakni sebagai obat untuk menghentikan pendarahan (hemostatik), antiradang, TB paru disertai batuk darah, keluar bercak darah sewaktu hamil (kemungkinan keguguran), darah haid keluar sangat banyak, urine berdarah (hematuria), wasir berdarah, luka berdarah, diare, disentri, nyeri lambung dan ulu hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar