Kamis, 14 Desember 2017

Go'et Manggarai dalam contoh : Surat dari Surga

 Go'et Manggarai dalam contoh : Surat dari Surga


 SURAT DARI SURGA               By :Ronald Adipati

 http://www.floreseditorial.com/surat-dari-surga/


Saya turut berbelasungkawa untuk keluarga korban kebakaran di Mano. Kisah yang tragis. Saya menulis status ini dan membayangkan Ibu dan Anak itu ada di Surga sambil memangku ‘Si kecil’ dengan air mata yang menetes di pipi.
Tabe daku latang keluarga korban.
By :Ronald Adipati
SURAT DARI SURGA
Untuk Nara Momang & Anak Ngaso
di
Tanah Lino
Nara momang, cai ce ami ge.
Ce,e Surga, tempat mimpi dan harapan kita semua di tanah lino. Jiwaku dan anak cucu telah dijemput keabadian. Kami telah tiada di depan matamu, tapi tak lekas hilang dari ingatanmu. Kami berharap begitu.
Kami telah di Surga, Nara. Janganlah kau berhenti bernyanyi dan bercerita:
Nenggo embong anak geong,
eme etang ramba’y du tiong tana
Menangislah sekeras-kerasnya
Karena……:
Toe ngoeng rug’m kudut muntung
Toe le nanangg’m tapa le api wara
Kematian, bukanlah soal ilmu pasti, soal 1 + 1 = 2. Ini soal takdir, Nara.
Nara e:
Aku sangat mencintaimu
Sangat…sangat …mencintaimu
Bahkan ketika aku dan bungcu
sudah jadi abu
Pernahkah kau berpikir tentang takdir, Nara Momang? Tentang awal dan akhir? Jika pernah, inilah takdir kita: Berpisah oleh api dan abu.
Ah, nara e……..
Malam sebelum kita pamit,
Malam sebelum kami jadi abu
Aku bermimpi tentang keabadian. Hanya ada aku dan anak cucu kita.
Samar kulihat kau di kejauhan tapi tak sampai hati aku memanggilmu. Aku membiarkanmu di pintu itu: duduk dalam lelah tak tertahan di samping si sulung.
Nara Geong:
Jika kepergian kami menyisakan ‘weong nai’ de lawa ca tana, kami minta maaf.
Tegi somba latang ende, ema, ase, kae, inang, amang one Mano agu tana lino;
Toe le nuk dami, kudut muntung le culu, kanga le wara.
Jaga dia anak ngaso dite, anak papa ngasang, ata pencang one wejang, ledong one leso.
Kisahkanlah ini kepada anak cucu. Kisahkanlah ini kepada kawan,
kisahkan ini juga kepada alam.
Kami di Surga mendoakan ite Rona Momang daku agu anak ngaso dite.
Somba de Wina Momang’m,
Your lovely
Weta Momang’m & Bungcu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar