Kamis, 10 Januari 2013

ENDONG PATOLA

ENDONG patola , inewai mai wa mai  pitak? Damang   pikir dere Endong Patola (Makarius Arus) agu  tombo nunduk perang  "Todo agu Cibal le Weol - Cancar. "

Ata Todo pintar. Woko toe ngancen te pande kala iset Cibal one perang ( 5 ntaung), ise  hadia ise Cibal cengat ine wai molas. Ine wai hoo leti jarang. Manga pisa ata te poton jarang hoo'. Du hitu, rewung tekem caru tana le Cancar / Weol. Seang keta iset Cibal ge, ai takluk ise Todo.  Tawa daler dise  tiba ata molas ho'o. Reme keta  senang pesta dise, hitu wad tentara dise Todo . Hel  hakar iset Cibal soo. Tentara diset Todo rumbu benteng diset  Cibal le Weol. Kala ise Cibal. Pisa dalu pau' ngger one  Todo (Rahong, Ndoso, Ruteng, Ndehes).



Apa  patola hitu?
Patola  hitu  gerak mata leso  sumang agu  gerak wulang, du  kudut kolep mata leso hitu.

One Manggarai,manga ngasang  tete petola.Apa  betuan? Sala  manga  nundukn?


Cama keta one tombo  turuk rampas Troya - lau Eropa / Yunani.  









Secara turun-temurun masyarakat Manggarai mengajarkan kosmologi yang jelas seperti terefleksi pada pengertian patola, sinar terakhir matahari yang bertaut dengan sinar bulan sebelum mendekati titik padam.
Bagi masyarakat Manggarai, sinar kehidupan tidak pernah terputus atau padam, tetapi terus bergerak dalam satu mata rantai energi yang bersifat abadi. Patola tidak hanya menjelaskan kesatuan energi di level makrokosmos, tetapi sekaligus menjadi acuan kesatuan, solidaritas, persaudaraan di kalangan orang Manggarai dengan sesama dan lingkungannya.
Ajaran ini diturunkan dan dijaga dari generasi ke generasi melalui lagu klasik Endong Patola, yang lazimnya dilantunkan pada upacara adat, sambil minum kopi yang dicampur dengan gola kolang (gula dari nira yang sangat harum karena teknik pembuatan yang khas dan rumit).


(Ricard Bagun,  Berikut ini adalah berita-berita mengenai FLores yang ditulis di dalam laporan khusus "Kompas", 30 Maret 2007.



Patola: corak tenun pada songket / batik???? http://www.batikyogyakarta.com/sejarah-panjang-patola/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar