Senin, 07 Januari 2013

CO' TARA ADAK MANUK ATA MANGGARAI

Tombo tentang manuk, ne nggo wangkan. Manga ceng ata ata molas dia. Par leso awo. Hia derit leso. Neteng leso hia pande ne nggitu. One ca leso, hia derit leso. Rasa  liha neho  manga taka tekek riti diha. Nisang agu minak  keta liha rasan. Tereng liha.  Wiga hia weki mendo. Poli hitu hia ga loas. Apa ata loasn? Ole.... kali manuk. Tinu liha manuk hitu. One ca leso, tegi liha kamping manuk hitu: "asa eme kaeng wa ngaung kaut hau?" jaong data molas hitu. "Toek aku," wale de manuk.  Ase eme jiri  kaba hau?" jaong de atas molas hitu? Toek aku. " Walen de manuk. Ne nggitu terus walen du kudut tegi jiri jarang,  mbe, . Aku paka kaeng eta lupi  Morin. Manuk hitu bimber ngger awo par mataleso. Kaeng nitung hia. Tugas de manuk te kengko ata kudut to' one mau toko. "Kakor o.......a". Wela sanggen taung ge lawa one lino. Wela Morin ga. Naring agu suju Mori Jari," nenggitu jaong de manuk de kakorn hitu. "Eme maik aku te laat mau one lino, maka meu  tiba aku de ase kae daku, manuk lalong. 

Betuan, co' tara adak manuk du ngaji data Manggarai?  Wajol manuk hitu anak de nera mata leso. Manuk kaeng  ruis agu mori keraeng. Hia pertaman lelo (ita)    gerak. Woko ita liha gerak hitu, wewa liha de runi du kakorn.


Kisah awal tentang ayam seperti ini. Ada seorang gadis cantik. Dia mencari kehangatan saat mentari bersinar pagi hari.  Setiap hari dia melakukan hal itu. Suatu hari,  saat menjemur di sinar matahari, dia merasakan ada sesuatu yang menggelitik nikmat  di pantatnya. Dia membiarkan kenikmatan itu menyapanya. Dia pada akhirnya  hamil. Saat melahirkan, apa yang terjadi? Dia melahirkan seekor ayam jantan.  Dia meminta ayam jantan  menjadi kerbau  itu agar tinggal di kolong rumah. "Saya tak mau, saya mau tinggal dekat Mori Keraeng," jawab ayam. Ibunya tetap menawarkan dia untuk menjadi binatang lain, seperti kuda, kambing. Dia tetap tak mau. Dia bersikukuh pada keinginannya, mau tinggal dengan Mori Kerangeng. Bila saya di sana, suaraku akan mengingatkan makhluk di bumi. Saya akan memberitahukan bahwa  Tuhan sudah bangun, karena saya sudah mendengar bunyi pintu dan jendela rumah Tuhan dibuka pada pagi hari. Saya meneruskan situasi itu. Kuku ruyukkkkkkk, bangun, bersyukurlah kepada Tuhan   tasa istirahat semalam dan marilah mulai bekerja, karena  hari sudah  pagi dan menjelang siang," demikian arti   kokokannya. Bila saya datang melawat ke bumi, kamu merayakan saya dengan cara membelih sesamaku, yakni ayam.


 Manuk latang ata Manggarai, do ngasang, apan kole ngasang manuk lalong:
  1. Lalong bakok
  2. Lalong raci
  3. Lalong lapak
  4. Lalong sepang
  5. Lalong  rombeng (????)
  6. Lalong ringking


 Manuk hitu anak de nera agu manusia.
Manga ata  ngoeng  wewa nera one mosed wiga  pake ngasang de manuk one ngasang  ko one gorid, neho:
  1. Lalong paro jangka kole
  2. Lalong Liba
  3. Lalong beo
  4. Lalong .........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar