Kamis, 31 Agustus 2017

TANDA_TANDA KEMATIAN MENURUT ORANG MANGGARAI


TANDA-TANDA KEMATIAN  MENURUT  ORANG  MANGGARAI

Menurut orang Manggarai, berikut adalah tanda-tanda bahwa seseorang akan meninggal dunia:
  1. Bau anyir (lawer rapu). Mencium bau anyir (mayat / jenasah), baik oleh orang yang akan meninggal, maupun oleh orang lain, misalnya anaknya, sebagimana yang terjadi pada alm. Stanis Nami dan anaknya, Tarsi.  Suatu pagi, Alm. Stanis dan Tarsi  sarapan pagi. Saat sarapan alm.Stanis mencium bau anyir. Dia berkomentar. " wau rapu ho ta" (bau anyir /jenasah ini),' katanya. "Am manga keluarga ata lako bana e, mai des hitu ga," Tarsi menimpali dengan santai.  Ternyata, hari ini juga Bpk. Stanis  Nami meninggal karena struk. Beliau meninggal saat ke kebun  di Uma  Pal. Saat pulang beliau mau pikul kayu ke rumah. Ternyata beliau meninggal saat itu  di kebun. Kayu api yang sudah diikat menemani kepergiannya. Sorenya keluarga mencarinya dan didapatlah jenasahnya  di kebun di uma Pal. Saya kutip penururan Tarsi berikut ini  dalam obrolannya dengan Vitus Ube:   
         Vitus Ube ole kali ata molas kat gi e..
 
         oe kesa pande keta sedih kronologis rowa di amang ta..


  1. co keta ceritan tara dpat one puar ta

    LikeShow more reactions
    · Reply · August 28 at 12:40pm
    Remove
    Tarsi
    Tarsi io sdih kes,memang dia struk lte to?tpi stlh di rwat, agak baik kondisinya,hnya tmbo masih kaku,bo ngo ne uma nganceng,gangga kin pola haju api eme du we'e to? akukan sblmnya kaeng wa terang to?pas mane tana wa terang,aku tiba2 nuk keta hia,akirnya aku srentak kaut mai wa mai trang mane hitu,cai wie ce beo du hitu,kmudian dnge reweng dku peang tana le wie,akirnya dia lngsung bngun bk pintu smbil ajak aku lngsung tudur dgnnya,kaget aku,krna tdk prna trjdi sblmx dia pngen tdur bareng,mlm itu dia tdk tdur,tnganx trs peluk aku,kmudian pgi di bgnkan aku utk sarapan sama2 krna inang dte pgi itu pigi brsma nesti ke rteng daftar msk sma,pas du hang ga,dia blang,ole,,,wau rapu ho ta,sante ket lku walen,am mnga klrga kut lko bana ew,mai des htu ga,dan stlh mkan,dia ajak sy ke kebun pigi ptik jeruk,ise inang dte ga ngo eta rtng,nggo tae dku ga,tong koe di ta,aku ke belang lesa ada titipan dari trang,toe nais tong e,hnya 30mnit,stlh itu baru kita ke kebun,eng taen,nah stlh aku plng,toe mnga hia ce mbaru,pdhal dia ke uma pal to?bukan ke uma yg ada jerukx,dan du hitu ga,tadu kaut lku rasan nai kdut ngo batu lako diha,,pas kle inang dte etamai rtng ga,dia tnya,nn nia ema dmeu,eme ngo pua nderu,co tara toe lut lemeu,jam 3 ho ga,akirnya kmi memutuskan utk mncarinya sore itu,aku kwe wa uma hot poli bntang pua ndru,kmudian mrsin si bungsu itu kwe ngger sale uma pal brsama lian yg di fto ini,cai sale ga,lian ini yg nemukan dia lgi baring di semak,cupu mai kin haju api ata poli puteng siap te pola ba ce mbaru neng,

    LikeShow more reactions
    · Reply · August 28 at 1:09pm
    (JPS, 31 Agsutus 2017)
  2. Mimpi tertentu (khas). Tanda lainnya berupa mimpi. Mery Jemen mengenang bulan-bulan akhir kebersamaannya dengan sang ayah, Gaspar Ngganggu. Ketika mereka bertemu saat  Bapa Gaspar sedang menderita sakit, sang ayah bertanya: "Enu, manga nipi dite ko? rein. manga ata beti rotong maim au wai mbarang – lewat uma diha Nelis Ragan  - . Hia hitu beti wa'in. Wa'in sambol le towe songke. Wau wa'in.  Sai se’  beo mese." tombo di Mery latang hi Ema Gaspar.  Mai jaong diha Ema. " Ngong nggo de hitu:" wale  diha Ema latang aku,"  tombo di Mery.  “Beti ata oke one uma, hena one manusia. Ise siot kaeng one mbaru.” Jaong diha ema. Kali toe ngoeng jaong bahwa tangke aku de hitu. Poli nipi hitu, pisa  minggu wa ga, rowa gi…” jong / tombo  diha Mery. "Betul Bapa, saya punya mimpi, yakni, Ada orang yang datang dari kebun Mbarang melewati  kebunnya  Nelis Ragan menuju rumah kita. Tiba-tiba ada orang  mengusung jenasah menuju rumah gendang," kisah Mery. "Saya tak tahu apa maksudnya," kata Mery  ingin meminta petunjuk guna memahami mimpi ini. "Mimpi itu artinya: ada orang pakai guna-guna (ilmu hitam / black magic). Guna-guna itu mereka sebarkan di kebun  orang yang targetkan untuk dijadikan korban. Biasanya orang itu ke kebun untuk bekerja. Ketika dia ke sana, maka guna-guna itu mengenai dirinya. Kebun memiliki arti penting bagi orang Manggarai yakni medan karya. Guna-guna dilepas di situ dalam rangka menjerat pemiliknya. Guna-guna dilepaskan di kebun, targetnya /  adalah orang-orang yang bekerja / pemilik di kebun itu. "Nipi hitu ne nggo artin, mbeko janto data,  na' (oke) one uma, ba one mbaru (mimpi itu artinya, guna-guna orang, dilepaskan di kebun, lalu targetnya orang di rumah)." kata  Mery meniru penuturan Bp Gaspar saat itu. "Dua minggu setelah itu Bp. Gaspar meninggal. Beliau enggan mengatakan bahwa  dirinyalah  yang dimaksudkan dalam mimpi itu. (Ngobrol dengan Mery Jemen via telepon ,  pada 13  Agsutus 2017, di   rumah Rony, Perumahan Bukit Tempayan, Sawangan Permai (Baru), Depok Jawa Barat). 
  3.  Melihat robong. Tanda lainnya lagi adalah melihat robong. Robong adalah sejenis ulat. Warnanya hitam. Bila melihat  robong di kebun atau di rumah  ini merupakan salah satu tanda bahwa akan ada kabar duka.
  4. Melihat  londe / api ja. Londe atau api ja adalah   sejumpal api yang terbang pada malam hari. Biasanya pergerakan dari suatu tempat (rumah) menuju suatu  tempat (pekuburan).  Londe / api ja biasanya terjadi pada malam hari. Londe ada 2 jenis. Bila panjang, itu berarti yang akan meninggal itu perempuan. Bila  pendek, itu berarti laki-laki. 
  5. Bunyi hantu. Bunyi hantu  pada malam / pagi hari merupakan suatu pratanda bahwa   akan ada orang yang meninggal. (No. 2 - 5,  JPS, 2 Sept. 2017).
  6. Sesuatu jatuh mesti tidak terlalu jelas alasannya.  Rm. Fransiskus  (Ansy) Syukur  meninggal dunia di Kuwu ( komples SMA St. Klaus Kuwu) kaerena  bunuh diri.  Menurut cerita   omnya, sebelumnya  sekitar sebulan sebelum meninggalnya,  saat pembangunan rumahnya atau  rumah keluarganya di Labuan Bajo,  tiba - tiba atap  rumah ambruk. Semua orang yang melihatnya  heran dengan kejadian itu.  Keluarga  baru mengerti peristiwa ambruknya  rumah ini dengan peristiwa kematian Rm. Ansy Syukur.  Saya pikir, ini yang disebut, dalam go'et kedukaan Manggarai  renco Tesong, pau mbaru/mbau.  (JPS,  31 Juli 2023). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar